Senin, 06 Desember 2010

aplikasi-aplikasi linux pilihanku pengganti aplikasi di windows


Sebagai newbie dalam dunia perlinux kan saya membutuhkan waktu yang lumayan banyak untuk memahami cara kerja operating sistem ini,karena memang saya bukan orang yang mempunyai latar belakang pendidikan IT.

Karena migrasi dari miekocok/microsoft ke linux pastilah membutuhkan adaptasi yang cukup lama bagi saya,saya juga mencari beberapa aplikasi linux yang menggantikan aplikasi-aplikasi di windows yang biasa saya gunakan.

Ini beberapa pilihan aplikasi yang mungkin anda perlukan apabila bermigrasi ke linux.
tapi sebelumnya saya ke inti pembahasan,sekarang ini saya menggunakan super OS ubuntu 10.10 atau sama dengan ubuntu bedanya di super OS ini sudah terinstal beberapa apliksai standard sebuah operating sistem jadi gak perlu repot-repot mendownload
nya seperti :

1. vlc
ini aplikasi kesukaan saya dalam memutar film-film yang mempunyai beragam format codecnya.
2. rythmbox music player.
boleh juga buat pengganti aimp di windows.
3. emphaty.
kalo ini yang paling saya suka...multiply chat aplikasi..fb,ym dan lain-lain..
4. gwibber.
walau awalnya agak bingung dengan aplikasi ini akhirnya bisa juga pakenya,bisa langsung upload status FB,twitter lewat gwibber ini.
5. google chrome.
kalo ini dah gak perlu di jelasin kan??..
6. mozilla.
idem dah gak usah di jelasin.
7. open office.
lengkap dah langsung ngacir dengan aplikasi ini semua data-data dari word,excell lancar jaya di jalanin settingan printernya juga emang sedikit ribet tapi whorted lah..
8. skype.
langsung bisa jalan tanpa instal sana sini..
9. wine.
ini dah yang paling saya suka juga..ada beberpa aplikasi windows saya yang harus menggunakan aplikasi ini,awalnya ada kesulitan dalam menjalankannya nanti saya bahas lebih lanjut.

untuk aplikasi-aplikasi yang lain silahkan di coba sendiri yah...

nah ini beberapa aplikasi pilihan saya dalam mengunakan super OS ubuntu 10.10 :

1. thunderbird mail
alesan pake : simple,cepat gak ribet instalnya dan setting 5 akun email saya di provider yang berbeda-beda..whuzz..
2. cairo dock.
alesan pake : siapa juga yang menolak sama aplikasi cantik ini buat menambah kemolekan desktopnya..hehehe..
3. bleachbit.
alesan pake : ini seperti ccleaner kalo di windows perlu bgt buat saya yang suka gonta-ganti aplikasi atau surfing di dunia maya yang meninggalkan banyak jejak dimana-mana..
4. emerald theme.
alesan pake : biar makin keren tampilan desktopnya.
5. unplug.
alesan pake : karena saya suka banget download via youtube yah ini pilihan terbail saya sebagai plugin di firefoxnya.
6. ntfs configuration tools.
alesan pake : males aja harus mount partisi hdd yang masih berekstensi ntfs setiap login.pake ini biar gak kmana-mana hddnya hehehe karena saya masih punya windows buat jadi backup OS nya..
7. gimp.
alesan pake : pasti perlu nih buat edit gambar-gambar atao foto-foto di super OS ini.
8. inkscape.
alesan pake : buat iseng-iseng gambar vector di OS ini..

saya rasa itu dulu yang saya bisa saya tulis di blog ini kalo ada aplikasi yang lain yang lebih baik boleh lah di usulkan namnya juga coba-coba..
oh iya semua plikasi ini bisa langsung di dapat dengan mendownload via ubuntu software center di super os ini kecuali unplug itu addon di firefoxnya yah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar